Mempertingkat Kebolehan Menguasai Diri Lewat Bermain Games: Bagaimana Beberapa Anak Dapat Belajar Untuk Mengurus Emosi Dan Tabiat Mereka Dengan Baik

Tingkatkan Kebolehan Menguasai Diri Lewat Bermain Gim: Cara Anak Bisa Belajar Mengelola Emosi dan Kebiasaan dengan Baik

Di era digital yang kian pesat ini, gim tidak melulu sekadar hiburan yang membuang waktu. Berbagai penelitian justru menemukan bahwa gim dapat memberikan manfaat kognitif, sosial, dan emosional bagi pemainnya, termasuk meningkatkan kebolehan dalam menguasai diri.

Apa Itu Penguasaan Diri?

Penguasaan diri adalah kemampuan untuk mengontrol emosi dan dorongan, serta menunda kepuasan demi mencapai tujuan jangka panjang. Ini merupakan keterampilan penting yang membantu individu menjalani hidup yang lebih sehat, produktif, dan memuaskan.

Bagaimana Gim Meningkatkan Penguasaan Diri?

Gim dapat meningkatkan penguasaan diri melalui berbagai mekanisme:

  • Tantangan dan Hadiah: Gim menantang pemain untuk mengatasi rintangan dan mencapai tujuan tertentu. Ketika pemain berhasil mengendalikan emosi dan fokus mereka, mereka akan menerima hadiah yang memotivasi mereka untuk terus bermain dan mengembangkan keterampilan menguasai diri.
  • Umpan Balik Langsung: Gim memberikan umpan balik langsung atas tindakan pemain. Jika pemain membuat pilihan yang buruk, mereka akan mengalami konsekuensi yang mendorong mereka untuk merenungkan pilihan mereka dan menyesuaikan strategi mereka.
  • Lingkungan Aman: Gim menciptakan lingkungan yang aman bagi pemain untuk mempraktikkan menguasai diri tanpa risiko dunia nyata. Pemain dapat bereksperimen dengan teknik yang berbeda dan belajar dari kesalahan mereka tanpa menyakiti diri sendiri atau orang lain.

Contoh Anak yang Belajar Menguasai Diri Lewat Gim

Sebuah studi kasus yang diterbitkan dalam jurnal "Frontiers in Human Neuroscience" menemukan bahwa gim role-playing dapat membantu anak-anak dengan ADHD meningkatkan kontrol diri mereka. Anak-anak yang berpartisipasi dalam studi tersebut memainkan gim yang mengharuskan mereka membuat keputusan yang berdampak pada hasil permainan. Hasilnya, anak-anak menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mereka untuk mengontrol impulsivitas dan emosi mereka.

Dalam contoh lain, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Pediatrics" mengamati efek gim strategi pada anak-anak dengan gangguan proses sensori. Anak-anak yang memainkan gim strategi menunjukkan peningkatan dalam keterampilan mengatur diri, seperti kemampuan untuk mengontrol dorongan dan mengatasi frustrasi.

Tips Memilih Gim untuk Membantu Menguasai Diri

Tidak semua gim diciptakan sama. Saat memilih gim yang dapat membantu anak mengembangkan penguasaan diri, perhatikan hal-hal berikut:

  • Genre: Gim strategi, peran, dan teka-teki biasanya membutuhkan lebih banyak penguasaan diri dibandingkan gim aksi.
  • Kesulitan: Pilih gim yang menantang namun tidak terlalu sulit sehingga membuat anak kewalahan.
  • Umpan Balik: Pastikan gim memberikan umpan balik yang jelas atas tindakan pemain sehingga mereka dapat belajar dari kesalahan mereka.
  • Edukatif: Beberapa gim bahkan dirancang khusus untuk mengajarkan keterampilan menguasai diri, seperti seri "Brain Training" Nintendo.

Dengan memilih gim yang tepat dan memandu anak-anak menggunakannya dengan cara yang sehat, kita dapat membantu mereka mengembangkan kebolehan penguasaan diri yang berharga yang akan membantu mereka sukses dalam berbagai aspek kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *